STRATEGI DAN SASARAN UTAMA
A. Sasaran
Berdasarkan visi dan misi diatas sasaran utama yang akan dicapai adalah peningkatan kinerja Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma, yaitu :
1. Peningkatan pelayanan Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma meliputi beberapa sasaran antara lain :
- Menambah kemampun kapasitas produksi.
- Perbaikan dan Pengembangan jaringan distribusi.
- Pengembangkan atau perluasan sistem pembayaran rekening air secara online.
- Penanganan pengaduan secara Santun, Bermartabat dan Sigap dalam pelayanan.
- Pengembangan sistem pembacaan meter air dengan telepon seluler.
- Sosialisasi Pelayanan terhadap pelanggan.
2. Full Cost Recovery
Rasio antara pendapatan dibagi biaya melebihi 100 %, termasuk didalamnya Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma dapat membayar tanggung jawab hutang serta dapat memperbaiki atau mengganti peralatan peralatan sistem produksi dan distribusi.
3. Pelayanan Prima
- Info Pelayanan dan Tagihan Rekening Air via web site
- Info Pelayanan dan Tagihan Rekening Air via Touchscreen di Ruang Pelayanan
- Info Pengaduan, Lapon Stand dan Tagihan via SMS "PASTI"
- Info Biaya Sambungan Rumah untuk Calon Pelanggan via SMS BROADCAST
- Pembayaran Rekening Air melalui auto debet
- Pembayaran Rekening Air melalui Sistem Online Payment Point (SOPP)
- Menyiapkan Jalan Subita dan sekitarnya sebagai percontohan kawasan air siap minum
- Air Minum Otomatis (AMO) meliputi : Kantor Pelayanan Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma, Jalan Segara Ayu Sanur, Lapangan Pututan Badung - Denpasar, Lapangan Puputan Renon - Denpasar dan Lapangan Taman Kota - Denpasar. serta Kantor Pelayanan Publik Kota Denpasar.
- Pengaliran air secara kualitas, kuantitas dan kontinuitas serta layanan pelanggan yang Santun, Bermartabat dan Sigap dalam Pelayanan.
B. Strategi
- Optimalisasi sistem produksi dan distribusi
- Peningkatan kualitas pelayanan
- Pengembangan sumber daya manusia
- Peningkatan pendapatan perusahaan
C. Kebijakan
- Peningkatan cakupan pelayanan dan jumlah pelanggan
- Sharing PDAM dengan Pemerintah Kota, Propinsi dan Pemerintah Pusat dalam Optimalisasi infrastruktur sistem penambahan air baku serta perbaikan dan pengembangan jaringan pipa distribusi.
- Upaya restrukturisasi hutang dengan Departemen Keuangan
- Peningkatan kualitas sumber daya manusia
- Efisiensi dan efektivitas kinerja perusahaan
- Peningkatan kesejahteraan karyawan