Baca Berita

Berita acara Pemelaspas di IPA Waribang tahun tanggal 31 januari 2018

Oleh : humas | 01 Februari 2018 | Dibaca : 242 Pengunjung

INFO HUMAS PDAM Kota Denpasar.

Upacara pemelaspas Instalasi Pengolahan Air (IPA) Waribang Tahap II PDAM Kota Denpasar Jl. Waribang pada hari Rabu 31 Januari 2018. Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) IPA WARIBANG TAHAP II merupakan bentuk penyediaan air minum melalui pengolahan dan pendistribusian air untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat. Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM)  IPA WARIBANG TAHAP II direncanakan untuk memenuhi kebutuhan air di wilayah Kota Denpasar yang terus meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk dan perkembangan wilayah.

Pemenuhan kebutuhan air minum untuk kawasan Kota Denpasar sampai dengan tahun 2034 masih mengalami defisit kapasitas. Pada tahun – tahun mendatang, keterbatasan kapasitas penyediaan air minum yang ada saat ini diperkirakan akan meningkatkan tekanan defisit pelayanan air minum di daerah tersebut dan sekitarnya, oleh karena itu diperlukan terobosan dan upaya ekstra untuk menutup defisit kapasitas dan meningkatkan kualitas pelayanan air minum dikawasan Kota Denpasar.

Untuk mengatasi tekanan defisit penyediaan air minum di Kawasan Kota Denpasar, Pemerintah Pusat dan Kota Denpasar berdasarkan Perjanjian Kerjasama (PKS) No.34/PKS-CA/I/2015 dan No. 415.4/0-4/KB/PKS/2015 tentang Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Waribang di Kota Denpasar tgl. 26 Januari 2015, merencanakan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum melalui pembangunan IPA WARIBANG TAHAP II.

IPA WARIBANG TAHAP II memanfaatkan sumber air permukaan dari Long Storage Ayung sebagai air baku untuk diolah menjadi air minum. Proses utama pengolahan air yang digunakan adalah koagulasi/flokulasi - sedimentasi – filtrasi dengan desain bangunan menggunakan system IPA Milenium. Unit pengolahan pendahuluan dengan bak prasedimentasi dibangun untuk meningkatkan kualitas air baku dan mengurangi beban unit pengolahan utama.

Unit desinfeksi setelah proses pengolahan utama diterapkan untuk menjamin kualitas air minum yang dihasilkan. IPA WARIBANG TAHAP II akan ditunjang dengan bangunan penunjang fungsional Reservoir dan bangunan kimia serta dilengkapi dengan sistem monitoring operasional secara online dan terpusat (SCADA SYSTEM).

Maksud Dan Tujuan :

-          Menambah cakupan pelayanan Sambungan Rumah (SR) untuk daerah : Kesiman petilan, Kesiman Kertalangu, Dauh Puri Kelod dan Dauh Puri Kaja.

-          Meningkatkan Kualitas, Kuantitas dan Kontinuitas Pelayanan.

 

Sumber Pendanaan Pembangunan IPA Waribang Tahap II melalui :

1.      APBN Tahun 2015-2016 dari Ditjen Cipta Karya (Kementerian PU) SATKER Pengembangan Kinerja Pengelolaan Air Minum Rp. 49.619.138.000,-

2.      Pinjaman PERBANKAN untuk Pengadaan dan Pemasangan Pipa Distribusi  diameter 500 mm Jl.Waribang – WR.Supratman  Rp. 20.988.134.000,-

3.      PDAM Kota Denpasar untuk Penambahan Daya Listrik 1110 KVA  Rp. 487.000.000,-


Oleh : humas | 01 Februari 2018 | Dibaca : 242 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Foto
Acara Hiburan Bondres Puncak Acara Kegiatan HUT ke - 16 PDAM Kota Denpasar
Video
INOVASI PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI MELALUI SISTEM DISTRIBUSI AIR BERSIH (SIDAB)
Facebook
Twitter